IKLAN ATAS

Upacara Detik-detik Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 Berlangsung Hikmad


 TrotoarNews- Sabtu (17/08) Pagi, Pemkab Rejang Lebong menggelar Upacara detik detik peringatan proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 di Lapangan Dwi Tunggal Curup. Upacara pengibaran bendera merah putih itu dipimpin oleh Bupati Rejang Lebong, Syamsul Effendi.


Ikut dalam upacara, Wakil Bupati Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah, Ketua DPRD Mahdi Husein, unsur Forkopimda, para kepala OPD dan jajaran, pasukan TNI, Polri, Brimob, ASN, pelajar dan mahasiswa.


Dalam upacara tersebut Iptu. Hendricus dari Polres Rejang Lebong bertindak sebagai komandan upacara. Sedangkan Ipda. Ferizon bertugas sebagai Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Danpaskibraka). Adapun Pembacaan Teks proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRD, Mahdi Husen.



Menariknya, pada upacara ini Bupati bersama seluruh pejabat mengenakan busana daerah. Bupati mengenakan baju adat Rejang, Wabup Hendra Wahyudiansyah, mengenakan baju gamis putih lengkap dengan jubah putih dan keris ala Wali Songo. Ketua DPRD mengenakan baju adat minang modifikasi. Bahkan, ada juga yang mengenakan baju adat Bali dan Lombok lengkap dengan udeng. Selebihnya para pejabat mengenakan baju adat Rejang dan Jawa yang dilengkapi blangkon.


Usai upacara, Bupati bersama Wabup dan Ketua DPRD menyerahkan 44 satya lencana karya satya kepada ASN yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Satya lencana itu diserahkan secara simbolis kepada 3 perwakilan ASN. Yakni, Apri Linda, Mat guru SMPN 8, Mujiati, guru SMPN 8 dan Joni, dari UPT Puskesmas Curup Timur.


Selain itu, bupati juga menyerahkan piala dan piagam juara I, II dan III Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) 2024. Yakni, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Bermani Ulu Raya dan Sindang Dataran.



Serta memberikan remisi atau pengurangan hukuman kepada 2 narapidana Lapas Kelas II A Curup.


‘’Hari ini kita telah memperingat Hari Kemerdekaan RI ke-79. Upacara ini dilaksanakan serentak di seluruh tanah air. Dan secara nasional upacara ini dilaksanakan di IKN yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo,’’ kata bupati usai upacara.


Bupati juga menjelaskan bahwa sebagai anak bangsa wajib mengisi kemerdekaan sesuai dengan bidang dan profesi masing masing.


‘’Pembangunan daerah harus terus belanjut. Seluruh masyarakat harus turut berpartisipasi dalam mendukung percepatan pembangunan daerah. Jadi, kita sebagai bangsa Indonesia harus menunjukan mampu membangun negeri sendiri,’’ ujar bupati.


(Adv)

Editor : Andeka Saputra

Powered by Blogger.